Beasiswa S2 2019 Dalam dan Luar Negeri

Banyaknya lulusan S1 membuat persaingan sangat ketat terutama dalam mencari pekerjaan, sehingga orang-orang sudah berpikir untuk melanjutkan kuliah nya ke jenjang S2 agar mendapatkan peluang yang lebih baik disamping mendapat ilmu dan teman baru.

akan tetapi dalam melanjutkan hingga ke pendidikan S2 bukan lah hal yang mudah terutama dalam memikirkan biaya semesteran yang lebih mahal dibandingkan selama kuliah di S1, untuk itu dapat ditempuh dengan mengambil Beasiswa S2 Dalam Negeri atau bahkan hingga Beasiswa S2 Luar Negeri. 

Beasiswa S2 memiliki dua jenis yang dapat ditempuh berdasarkan bantuan finansialnya, yaitu :

1. Beasiswa Penuh (Full) adalah bantuan dana pendidikan yang diberikan untuk kebutuhan mahasiswa selama menjalani masa studi mulai dari biaya kuliah, biaya tempat tinggal, biaya makan, akomodasi, uang saku dan lainnya.

2. Beasiswa Parsial adalah bantuan dana pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa atau pelajar hanya untuk membiayai masa studi nya saja dan tidak dengan biaya lainnya.

Dari sisi waktu, bantuan beasiswa dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu beasiswa yang diberikan sampai masa studinya selesai dan beasiswa yang diberikan persemester dan dapat diperpanjang sesuai dengan syarat yang berlaku baik untuk beasiswa penuh dan beasiswa parsial.

Sumber dana beasiswa yang diberikan berasal dari pemerintah dan swasta, untuk penyandang dana dari pihak swasta umumnya berasal dari perusahaan besar yang memiliki kebijakan berupa pengadaan dana CSR (Corporate Social Responsibility) yang salah satunya dapat digunakan untuk kepentingan beasiswa sedangkan dari pemerintah Indonesia merupakan kebijakan anggaran negara yang rutin dilakukan setiap tahun pada bidang pendidikan dan kebijakan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, ada banyak negara yang memberikan dana beasiswa luar negeri seperti Amerika, Australia, Jerman, Inggris, Kanada, Jepang, Malaysia, Mesir, Arab, Hongkong, Brunei, Singapura dan negara lainnya pada umumnya negara yang memberikan beasiswa memiliki program pertukaran pelajar. 

Berikut adalah Jalur Beasiswa S2 2019 Dalam Negeri yang dapat dipilih :

Ada banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah dalam hal ini LPDP semisal beasiswa untuk Dokter Spesialis, TNI, POLRI, Beasiswa santri, beasiswa Indonesia Timur dan lain-lain sehingga dengan pilihan yang beragam dapat menyaring pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

Beasiswa ini ditujukan khusus untuk dosen di Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan nilai kualifikasi dan kompetensi yang tinggi untuk para dosen sehingga pemerintah dapat mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membantu dari sisi pengajar. beasiswa ini merupakan sinergi yang dilakukan oleh pemerintah antara KEMRISTEKDIKTI dan LPDP.
 
Pemerintah menyediakan beasiswa unggulan untuk masyarakat berprestasi, beasiswa unggulan 3T dan pegawai KEMENDIKBUD, serta membiayai perkuliahan dengan jenis beasiswa penuh untuk jenjang S2.
 
Beasiswa ini merupakan kerjasama diantara negara-negara di Asia Tenggara(ASEAN) sehingga perguruan tinggi yang ditawarkan termasuk kedalam beasiswa luar negeri tapi tidak menutup kemungkinan untuk mengambil universitas di dalam negeri khusus untuk jurusan pertanian dan bidang terkait lainnya seperti pilihan universitas berikut :
 
- Institut Pertanian Bogor (IPB), Indonesia
- Universitas Gadjah Mada (UGM) Indonesia
- Universiti Putra Malaysia, Malaysia
- Universitas Kasetsart, Thailand
- Universitas Filipina Los Banos, Filipina

Untuk beasiswa yang diberikan termasuk jenis beasiswa penuh, sehingga banyak juga peminatnya terutama mahasiswa pertanian yang hendak melanjutkan studinya ke S2
 

Jalur Beasiswa S2 2019 Luar Negeri yang dapat dipilih :

Beasiswa ini juga menawarkan jenjang S1,S2 dan S3 dan dibagi menjadi 2 kategori yaitu beasiswa Sektor Publik dan beasiswa Terbuka, sedangkan untuk beasiswa Sektor Publik dikhususkan untuk calon mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri, BUMN, dan Organisasi Pemerintah lainnya. untuk beasiswa Terbuka diperuntukkan calon mahasiswa dari organisasi Swasta dan universitas swasta yang dapat langsung mengajukkan beasiswa ke kantornya Australia AAS

Beasiswa ini memiliki 2 skema studi untuk studi Master (S2) yaitu Master 1 di Indonesia dan Master 2 di Perancis, sedangkan yang terakhir yaitu melakukan studi Master keduanya di Perancis. Untuk calon mahasiswa yang beruntung mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Perancis dan Indonesia dalam hal akomodasi dan biaya transportasi
 
  •  Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Luar Negeri (BUDI-LN)
Sama seperti pada BUDI Dalam Negeri, hanya saja ada syarat tambahan yang berbeda salah satunya adalah wawancara dalam bahasa Inggris bagi calon mahasiswa yang telah memenuhi administrasi tentunya.


Selain artikel beasiswa S2 2019 Dalam dan Luar Negeri diatas masih ada banyak lagi informasi penyedia beasiswa baik swasta maupun pemerintah yang belum dibahas, tergantung anda mau pilih yang mana?

Belum ada Komentar untuk "Beasiswa S2 2019 Dalam dan Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Link