3 Cara Mendownload Jurnal Berbayar Dengan Gratis

Cara mendownload jurnal berbayar dengan gratis dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik untuk jurnal nasional dan juga internasional. artikel ini dimaksudkan untuk mempermudah dosen, mahasiswa, dan peneliti lainnya yang kesulitan dalam mendapatkan jurnal secara berbayar untuk kepentingan dunia pendidikan.

Menurut data dari KNP2K jumlah publikasi internasional yang terindeks oleh Scopus, Indonesia berada pada urutan ketiga untuk level Asia Tenggara yaitu sebanyak 15.419 pada akhir tahun 2017. untuk urutan pertama ditempati oleh Malaysia dan kedua oleh Singapura sedangkan untuk posisi keempat dan kelima ditempati oleh negara Thailand dan Vietnam.

Sebagai salah satu wujud dalam mendukung peneliti Indonesia mengirimkan penelitian ilmiahnya di dunia Internasional yaitu dengan memperbanyak referensi sebagai bahan penelitiannya, sehingga dibutuhkan juga sumber dan akses untuk mempermudah cara mendownload jurnal berbayar dengan gratis.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Perpustakaan Nasional Negara Republik Indonesia

 






Sebelum anda login, pastikan terlebi dahulu sudah memiliki akun dengan mendafarkan diri di keanggotaan perpusnas setelah berhasil login kemudian dapat mencari jurnal dengan keyword pada kolom pencarian kemudian setelah tampil anda dapat mendapatkannya dengan mengklik tombol download PDF, akan tetapi pada e-Resource memiliki kekurangan lainnya yaitu tidak berlangganan jurnal ieee, dan ACM Digital Library.

2. Download via gen.lib.rus

Download Jurnal via Genesis Library






Anda dapat mendownload jurnal berbayar dengan gratis yaitu dengan memasukkan DOI kedalam situs Library Genesis, kemudian jurnal dapat didownload seperti pada gambar di atas yang dilingkari pada kolom mirrors.

3. Download jurnal berbayar via SCI-HUB 

Download jurnal via SCI-HUB






situs ini merupakan layanan download jurnal berbayar yang paling sering digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir terutama sebagai referensi tinjauan pustaka untuk jurnal internasional. cara penggunaannya sama dengan Libaray Genesis yaitu hanya dengan memasukkan nomor DOI, untuk menemukan nomor DOI bisa kita cari terlebih dahulu pada penyedia jurnal ieee contohnya, setelah mendapatkan artikel yang dicari berdasarkan judul atau penulis(author), maka terdapat pula nomor DOI bookmark seperti pada gambar berikut :


Demikian cara yang dapat dilakukan untuk mendownload jurnal berbayar dengan gratis, dan diharapkan dapat membantu dalam memperbanyak bahan referensi untuk penelitian ilmiah agar Indoensia dapat berprestasi dan dapat menggeser posisi Malaysia di ranking pertama dalam penerbitan jurnal ilmiah


Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mendownload Jurnal Berbayar Dengan Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Link