Menjadi seorang Dosen atau Wirausaha?


Menjadi seorang Dosen atau Wirausaha, atau bahkan keduanya?

Dosen – menjadi seorang dosen sangat memiliki nilai berharga di kalangan masyarakat, khususnya di lingkungan admin, karena masih kurangnya orang-orang yang berpendidikan sampai tingkat perguruan tinggi S1, apalagi sampai menempuh S2. Karena dengan banyaknya faktor yang saling mempengaruhi salah satu diantaranya yaitu faktor ekonomi yang paling kuat. Kebanyakan Setelah mereka tamat SMP atau SMA mereka lebih memilih untuk bekerja sebagai karyawan ataupun ikut usaha berdagang membantu kedua orangtuanya.

https://www.jurnalgalih.id/search/label/dosen



Menjadi seorang dosen sebenarnya bukan pilihan utama, karena sewaktu masih sekolah di SMP guru pun bertanya mengenai cita-cita para siswa, dan jawabanpun banyak bervariasi ada yang ingin menjadi dokter lah, TNI, PNS, pengusaha sukses, koki, guru, arsitek dan sebagainya. Untuk kedua profesi terakhir itu merupakan cita-cita admin sewaktu masih duduk di bangku SMP, tapi Tuhan berkehendak lain admin sempat melanjutkan sekolah ke SMK dengan jurusan gambar bangunan yang nantinya jika bekerja di dunia industri bisa menjadi seorang drafter yaitu sebuah profesi yang membantu seorang arsitek dalam merapikan gambar sketsanya kedalam bentuk gambar kerja sehingga lebih rapi dan siap pakai.

Setelah lulus dan mendapatkan ijazah untuk bisa melanjutkan ke jenjang S1, kemudian segera mendaftarkan diri ke UPI dengan jalur undangan PMDK(Penelusuan Minat dan Kemampuan) untuk jurusan arsitektur. Alhamdulillah semua nilai sudah memenuhi syarat untuk menjadi mahasiswa arsitekur disana dengan harapan cita-cita sewaktu SMP akan segera terwujud. Tapi Tuhan berkehendak lain karena dalam mendaftarkan diri sebagai mahasiswa diperlukan uang pendaftaran secara kolektif sebesar Rp.150.000, dan waktu itu orang tua belum memiliki uang sebesar itu. 

Dengan perasaan sedikit sedih tapi hati ini lebih kuat untuk tidak mau selalu membebani kedua orangtua akhirnya saya memutuskan untuk tidak jadi meneruskan kuliah disana karena alasan klasik yaitu finansial. Tapi saya memiliki keyakinan kuat dan selalu ber khusnudzan kepada Allah, pasti saya akan di takdirkan menjadi seorang yang lebih baik lagi di masa depan, insyaa Allah..

Waktu berlalu semua hari-hari dilalui dengan bekerja di banyak perusahaan swasta yang berbeda beda mulai dari menjadi seorang drafter, IT, bahkan seorang cleaning service di perusahaan retail di kota bandung yang sekarang sudah gulung tikar. Dengan tekad dan modal yang cukup tentunya saya kemudian melanjutkan kuliah lagi tapi dengan jurusan yang berbeda yaitu teknik informatika di salahsatu perguruan tinggi swasta di Bandung. Setelah lulus S1 kemudian melanjutkan lagi bekerja di Bandung sebagai pemberdaya masyarakat atau bahasa gaulnya Empowerment Officer (khususnya RW).

Yak! Sebuah profesi baru yang lumayan kurang lazim walaupun sebenarnya pekerjaan utamanya adalah berdagang jualan pulsa, tagihan PLN, PDAM, dan lainnya. Tapi kegiatan mayoritas yang dilakukan yaitu memberikan penyuluhan kepada para Lurah dan RW(Rukun Warga) diseluruh Kota Bandung dalam men-sosialisasikan program pemerintah, karena perusahaan tempat saya  bekerja waktu itu sebagai rekanan atau  konsultannya PEMKOT dalam hal ini adalah BAPPEDA (Badan Percepatan Pembangunan Daerah). 

Setelah bekerja di perusahaan itu, kemudian saya merantau ke Jakarta dan lumayan 3,5 tahun adalah sebuah rekor bagi saya bekerja paling lama di sebuah perusahaan sekaligus dapat menyelesaikan kuliah S2 dengan jurusan ilmu komputer di Univ.Budi Luhur dengan konsentrasi sistem informasi. Disinilah awal perjalanan seorang admin dimulai sebagai dosen, Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya, bagaimana tidak sewaktu SMP berdoa ingin menjadi seorang guru atau arsitek, tapi Allah menjawabnya dengan menjadikan saya sebagai seorang dosen yang notabene 1strip jenjang ada di atas guru, mudah-mudahan profesi ini bisa menjadikan banyak manfaat terutama bagi saya sendiri dan juga masyarakat luas di Kota Bandung dan sekitarnya.

Sebagai dosen pemula tentunya saya harus banyak belajar dengan satu tujuan utama yaitu menjadi bermanfaat bagi orang lain, dengan mengikuti salah satu hadits yaitu menjadi orang yang bermanfaat. Dan selain berkarier sebagai dosen, saya pun memiliki usaha pelatihan di bidang animasi, IT dan Desain di kota Bandung jika anda berkenan bisa dilihat disini.

Mudah-mudahan profesi dosen ini bisa menjadikan admin menjadi manusia yang bermanfaat dan tetap istiqomah dalam membantu dan melayani masyarakat. Untuk tulisan selanjutnya akan membahas mengenai pengalaman admin berkarier sebagai dosen dan aturan serta manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan menjadi seorang dosen. Dan mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan mohon maaf admin tidak bermaksud untuk melakukan pencitraan tentunya, hehe..
   

Belum ada Komentar untuk "Menjadi seorang Dosen atau Wirausaha?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Link