Alasan Harus Ganti Hard Disk anda ke SSD (Solid State Drive)


SSD (Solid-State Drive) adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan data elektronik dengan menggunakan memori. SSD merupakan jenis Hard Disk terbaru dan ada banyak kelebihannya dibandingkan dengan Hard Disk Drive konvensional biasa yang masih menggunakan piringan magnetis.

Artikel ini akan membahas mengenai apa saja yang dapat menjadi Alasan Harus Ganti Hard Disk anda ke SSD (Solid State Drive), sehingga diharapkan akan mempengaruhi produktifitas kita dalam bekerja menggunakan komputer atau laptop.

Kelebihan SSD :
  • Waktu Booting (Startup) Lebih Cepat
Sebagai contoh saya menggunakan OS Windows 7 ketika menghidupkan laptop dan mulai masuk ke proses booting memerlukan waktu sekitar 30 detik sampai 1menitan paling lama, sampai semuanya benar benar bisa dipakai karena lumayan banyaknya aplikasi terinstal di laptop dan beres melakukan proses startup untuk membuka semuanya.

Setelah melakukan upgrade atau ganti hard disk ke SSD, hanya diperlukan proses booting selama 5-8 detik, dan itu sangat cepat sekali menurut saya dibandingkan masih menggunakan HDD Konvensional.

  • Konsumsi power rendah (hemat listrik)
Selama menggunakan SSD secara maksimal hanya membutuhkan daya sebesar kurang dari 2W sedangkan Hard Disk Drive bisa sampai mengunakan daya sebesar 6W, sehingga secara nilai ekonomis dapat membantu pengeluaran kita dari sisi penghematan konsumsi listrik.

  • Bobot fisik SSD lebih ringan
Berat fisik SSD sebesar kisaran 77gram dan bobot ini lebih ringan dibandingkan jika anda menggunakan Hard Disk Drive yang memiliki bobot seberat 752.5 gram, tentu penggunaan SSD lebih dipilih untuk penggunaan laptop yang biasanya orang bawa pergi kemana mana dan dapat mengurangi beban pada laptop anda.

  • Lebih Tahan Guncangan, Getaran dan Temperatur
SSD dirancang untuk memiliki ketahanan terhadap guncangan, getaran dan temperatur yang tinggi karena bentuk fisik dari SSD ini berupa Memori yang berbentuk seperti pada flashdisk dibandingkan dengan Hard Drive konvensional yang menggunakan piringan magnetis yang rentan terhadap guncangan dan dapat mengakibatkan Bad Sector

  • SSD Lebih Senyap dan Tidak Bising (noise)
Tidak seperti pada Hard Disk yang menggunakan piringan yang akan terus menerus berputar selama dihidupkan sehingga menimbulkan suara krik.. krik.. terutama pada proses instal OS yang memerlukan usaha maksimal dalam membaca dan menulis file dan berbeda dengan SSD yang lebih senyap ketika dioperasikan.

  • Kemampuan Membaca dan Menulis (Read & Writing Speed) Lebih Cepat
Sebagai perbandingan SSD memiliki kecepatan RW Speed 500-550 MB/s  sedangkan pada HDD hanya berkisar antara 50-150 MB/s , jadi sudah dipastikan akan lebih memilih SSD terutama untuk penggunaan proses Render pada Desain Grafis, Multimedia dan bermain Game

Belum ada Komentar untuk "Alasan Harus Ganti Hard Disk anda ke SSD (Solid State Drive)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Link