Biaya Perpanjang SIM C Bandung 2019

SIM AJangan sampai SIM (Surat Izin Mengemudi) anda kedaluwarsa dan kena tilang di jalan, Pada umumnya SIM berlaku selama 5 tahun dan jika waktu masa berlaku segera habis diharapkan untuk segera memperpanjang/memperbaharuinya. berapakah biaya perpanjang SIM C Bandung untuk tahun 2019 ?  lalu jika kita lupa atau dengan sengaja tidak perpanjang SIM apakah ada denda atau sanksi ?


merujuk dari artikel moneysmart untuk Pasal yang berhubungan dengan SIM yaitu sebagai berikut :

  • Pasal 281 untuk Jenis Pelanggaran Tidak Memiliki SIM akan dikenakan biaya denda atau kurungan maksimal (Rp 1 juta / kurungan selama 4 bulan)
  • Pasal 288 Ayat 2 Jenis Pelanggaran Tidak Bisa Menunjukan SIM dikenakan biaya denda atau kurungan maksimal (Rp 250 ribu / kurungan 1 bulan)

Denda diatas apakah berlaku untuk SIM A, B atau C kemungkinan berlaku untuk semuanya dan bisa dibayangkan jika kita terkena pasal diatas (hanya pelanggaran SIM) sudah semahal itu. Daripada bayar denda mendingan diusahakan untuk menyiapkan anggaran keuangan kita sebelumnya, memangnya berapa sih untuk biaya perpanjang SIM C Bandung. tepat hari ini tanggal 9 april 2019 saya segera perpanjang SIM C Bandung dimana masa berlakunya sampai tanggal 18 april, takut kebablasan seperti yang terjadi pada SIM C milik istri, hehe..


Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Bandung 2019 :


1. Untuk tempat perpanjang SIM C di Kota Bandung, pihak Korlantas sudah menyebar tempat perpanjang SIM (SIM Keliling) dan SIM Corner ke beberapa titik yang dapat dijangkau bagi warga Kota Bandung diantaranya:

  •      BTM (Bandung Trade Mall) Cicadas, Jl Ibrahim Adjie
  • Miko Mall Kopo, Jalan Kopo No.599 Bandung
  • ITC Kebon Kalapa, Jl Pungkur
  • Dago Plaza, Jl Ir H Juanda
  • Car Free Day Dago dan Buah Batu (Khusus Hari Minggu)
  • Alfamaret Bandung 1, Jl Soekarno Hatta 
  • BTC Fashion Mall Pasteur

2. Untuk tempat perpanjang SIM diatas saya memilih BTC dikarenakan dekat dengan lokasi rumah, sebelumnya persiapkan terlebih dahulu Foto Copy KTP yang masih berlaku dan siapkan biaya Rp. 165.000


3. Segera menuju tempat pemeriksaan kesehatan di samping SIM Outlet, disana akan ada petugas kesehatan yang akan memeriksa standar kesehatan kita seperti tes kesehatan mata, tensi darah, berat badan, tinggi badan, dan kesehatan telinga yang di cek dengan menggunakan garpu tala.


setelah beres kemudian kita dibebankan sebesar Rp.40.000 setelah itu langsung menuju tempat pendaftaran dan menunggu dipanggil untuk kemudian mengisi formulir pendaftaran dan langsung membayar biaya perpanjang SIM C Bandung sebesar Rp.125.000 dan total nya adalah 165ribu


4. Menunggu dipanggil untuk kemudian melakukan proses tanda tangan, rekam sidik jari dan proses pemotretan untuk kartu SIM C baru kita.


5. Setelah proses nomer 4 selesai, menunggu untuk mendapatkan SIM C baru dan proses perpanjang SIM tidak lebih dari 2 jam tergantung dari jumlah antrian yang akan memperpanjang SIM.


Semoga artikel ini dapat membantu untuk segera melakukan perpanjang SIM C Bandung untuk tahun 2019





Belum ada Komentar untuk "Biaya Perpanjang SIM C Bandung 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Link