Terbaru! Bahasa Pemrograman Bosque dari Microsoft, Mari Baca Dulu Bosque

Bahasa Pemrograman Bosque dari Microsoft jurnalgalih.id Bahasa pemrograman bosque dirilis oleh perusahaan raksasa Microsoft pada tanggal 15 april 2019, jika orang orang di Indonesia mendengar ini langsung menggelitik karena kata 'bosque -> bossku' identik dan terbiasa bagi mereka untuk bahan candaan, baik bosque (red:bosku) atau siap bosque!, hehe..

Bahasa pemrograman Bosque diklaim oleh pendirinya yaitu Mark Marron (computer scientist) dari Microsoft sebagai bahasa pemrograman sederhana, sehingga mudah dipahami oleh manusia (programmer) dan mesin, syntaks nya terinspirasi dari bahasa pemrograman Node/JavaScript, TypeScript dan Bahasa Pemrograman ML.

Walaupun diklaim mudah dan sederhana, akan tetapi masih saja bagi para programmer pemula masih dirasa cukup sulit apalagi mengenai tutorial dan dokumentasi yang masih minim, dikarenakan bahasa pemrograman Bosque ini masih baru berusia hitungan hari alias masih bayi dan masih bersifat eksperimental. sehingga calon pengguna akan dengan sabar memakai bahasa pemrograman ini sampai dukungan dan komunitas nya sudah lumayan banyak.

Bahasa ini dibuat untuk berkolaborasi sesama pengguna pada repositori GitHub berlisensi opensource (MIT) Dan proyek ini ditujukan kepada kontribusi masyarakat atau pengguna secara komunitas, sehingga diharapkan dapat mempermudah pembangunan aplikasi secara tim.  

Sampai saat ini Bahasa Pemrograman Bosque tidak dapat digunakan untuk kepentingan produksi dan masih dalam tahap pengembangan, sehingga para ahli tidak merekomendasikannya untuk produksi aplikasi kecuali jika kita akan menjajalnya secara eksperimental.

Berikut adalah contoh potongan kode dari Bosque dan perbandingan dengan bahasa pemrograman C,

Percobaan kita akan melakukan pengulangan (looping) di bahasa pemrograman C, misal contoh kasus:
- Lipat gandakan semua elemen array dengan 2.
maka hasil penulisan baris kode adalah sebagai berikut :

Bahasa C
 








Sedangkan pada bahasa pemrograman Bosque, menghindari seluruh gagasan tentang pengulangan (looping) dan mengakses array langsung dari memori dengan melakukannya seperti pada potongan baris kode berikut :

Bahasa Bosque







Diatas hanyalah contoh sebagian kecil sebagai referensi, jadi jangan dilakukan untuk pembuatan aplikasi yang serius di kantor atau di kampus anda. Dan bersiap siaplah untuk ikut berpartisipasi membangun komunitas Bosque, jika anda pecinta salah satu produk Microsoft ini!

Baik Bosque! :D

Belum ada Komentar untuk "Terbaru! Bahasa Pemrograman Bosque dari Microsoft, Mari Baca Dulu Bosque"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Link